Langsung ke konten utama

Serba-Serbi Kopi

Soal rasa, Arabica memiliki variasi rasa yang lebih beragam, dari rasa manis dan lembut hingga rasa kuat dan tajam. Sebelum disangrai, aromanya seperti blueberry, setelah disangrai, biji kopi Arabica beraroma buah-buahan dan manis, sedangkan Robusta memiliki variasi rasa netral sampai tajam dan sering dianggap memiliki rasa seperti gandum. Biji kopi robusta sebelum disangrai beraroma kacang-kacangan. Sayangnya jarang terdapat robusta berkualitas tinggi di pasaran. Selain perbedaan harga biji kopi Arabica yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga biji kopi Robusta.
Kopi Arabika mengandung separuh dari jumlah kafein dari jenis kopi Robusta, sehingga kopi jenis ini memang lebih tepat untuk menghasilkan kopi bebas kafein berkualitas tinggi. Ada beberapa tipe langka dari jenis kopi Arabika yang memiliki kadar kafein yang sangat rendah. Namun bagaimanapun juga, setiap gelas kopi bebas kafein yang kamu konsumsi pasti memiliki kadar kafein walaupun hanya sedikit.




Kopi Arabika
Kopi Arabika merupakan kopi tradisional yang rasanya dianggap paling enak oleh para penikmat kopi. Biji kopi arabika memiliki ciri ciri ukuran biji yang lebih kecil bila dibandingkan biji kopi jenis robusta, kandungan kafein yang lebih rendah, rasa dan aroma yang lebih nikmat serta harga yang lebih mahal.


Kopi Arabika Indonesia
Kopi arabika biasanya diberi nama sesuai dengan dermaga dimana mereka diekspor, dua yang tertua adalah Mocha dan Jawa. Contoh kopi arabika adalah kopi Toraja atau kopi Jawa.
Kopi arabika pertama dideskripsikan oleh Linnaeus pada tahun 1753, Varietas terbaik yang dikenal adalah “Typica” dan “Bourbon” dan dari jenis ini berankea ragam strain telah dikembangkan seperti Caturra (Brazil, Colombia), Mundo Novo (Brazil), Tico (Amerika Tengah), si mungki San Ramon dan Jamaican Blue Mountain.
Berbeda dengan jenis Kopi Robusta, sebagian besar arabika merupakan tanaman semak rimbun dengan daun oval berwarna hijau gelap. Jenis ini secara genetik berbeda-beda dari spesies kopi lainnya, mempunyai empat set kromosom, bukannya dua. Buahnya berbentuk oval dan masak dalam waktu 7 sampai 9 bulan, kopi jenis arabika ini biasanya berisi dua benih (biji kopi) yang rata.
Kopi Arabika rentan diserang oleh hama dan penyakit, oleh karena itu ketahanan terhadap hama penyakit adalah suatu tujan utama dari program pemuliaan tanaman ini. kopi arabika tumbuh di sepanjang Amerika latin, Afrika Tengah dan Indonesia.

          Klasifikasi Kopi Arabika
          Kopi arabica (Coffea arabica L.)
          Klasifikasi
          Divisi           :    Spermatophyta
          Sub divisi    :    Angiospermae
          Kelas          :    Dicotyledoneae
          Bangsa       :    Rubiales
          Suku           :    Rubiaceae
          Marga         :    Coffea
          Spesies      :    Coffea arabica L.

Ciri Ciri Kopi Arabika
     *   Habitus :    perdu, tinggi 2 – 3 meter.
     *   Batang   :    tegak, bulat, percabangan monopodial, permukaan kasar, kuning kotor.
     *   Daun      :    tunggal, berhadapan, linjong, tepi rata. Ujung meruncing, pangkal tumpul, panjang 8 – 15 cm, lebar 4 – 7 cm, bertangkai pendek, hijau, pertulangan menyirip, hijau.
     *   Bunga    :    majemuk, bentuk payung, diketiak daun, kelopak lonjong, lima helai, panjang sekitar 3 mm, hijau, tangkai benang sari berlekatan membentuk tabung, panjang sekitar 8 mm, putih, tangkai putik menjulang keluar tabung, putih, mahkota bentuk bintang, lima helai, panjang 7 – 9 mm, putih.
     *   Buah      :    batu, bulat telur, diameter 0,5-1, masih mudah hijau setelah tua merah.
     *   Biji          :    berbentuk setengah bola, salah satu permukaan beralur, panjang 0,5 – 1 cm, putih kehijauan.
     *   Akar       :    tunggang, kuning muda.

Ciri-ciri (rasa) kopi arabika:
     -    Aromanya wangi sedap mirip percampuran bunga dan buah.
     -    Hidup di daerah yang sejuk dan dingin.
     -    Memiliki rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi jenis robusta.
     -    Memiliki bodi atau rasa kental saat disesap di mulut.
     -    Rasa kopi arabika lebih mild atau halus.
     -    Kopi arabika juga terkenal pahit. 

Kandungan Kimia dan khasiat kopi arabika.
Daun, buah, dan akar kopi arabika mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol, disamping itu buahnya juga mengandung alkaloida. Daun dan biji kopi berkhasiat untuk penyegar badan. Untuk penyagar badan dipakai kurang lebih 15 gram daun muda kopi, dicuci dan dimakan sebagai lalapan atau urapan.
http://www.manfaatkopi.com/kopi-arabika/




Kopi Robusta
Kopi Robusta memiliki ukuran biji yang besar, bentuknya oval, tinggi kafein dan memiliki aroma yang kurang harum. Robusta dapat dikembangkan dalam lingkungan dimana arabika tidak akan tumbuh, dan membuatnya menjadi pengganti arabika yang murah. Robusta biasanya tidak dinikmati sendiri, dikarenakan rasanya yang pahit dan asam. Kopi lampung dan kopi bali merupakan contoh dari kopi jenir Robusta.



Kopi Robusta Indonesia
Istilah “Robusta” sebenarnya merupakan sebutan untuk varietas yang ditanam secara luas dari spesies ini. spesies ini merupakan tanaman yang berupa semak belukar secara keseluruhannya atau pohon kecil yang tumbuh sampai 10 meter tingginya, tetapi memiliki sistem perakaran yang dangkal. Buahnya berbentuk bulat dan membutuhkan 11 bulan untuk menjadi matang, benih ( biji kopi) berbentuk oval dan lebih kecil dibamdingkan dengan Kopi Arabika. Dikutip dari Wikipedia.com, Kopi Robusta tumbuh di Afrika Barat dan Tengah, sepanjang Asia Tenggara dan juga di Brazil, disana kopi jenis ini dikenal dengan nama Conillon.

          Klasifikasi Kopi Robusta.
          Kopi robusta ( Coffea rubsta Lindl ex DeWild)
          Klasifikasi
          Divisi           :    Spermatophyta
          Subdivisi     :    Angiospermae
          Kelas          :    Dicotyledoneae
          Bangsa       :    Rubiales
          Suku           :    Rubiaceae
          Marga         :    Coffea
          Spesies      :    Coffea rubsta Lindl ex DeWild

Ciri Ciri Kopi Robusta
     *   Habitus :    perdu, tahunan, tinggi kurang lebih 5 m.
     *   Batang   : berkayu, keras, tegak, putih keabu abuan.
     *   Daun      : tunggal, bulat telur, mengkilat, ujung runcing, tepi merata, pangkal tumpul, panjang 5 – 15 cm, lebar 4 – 7 cm.
     *   Bunga    : majemuk, bentuk payung, diketiak daun kelopak berbagi lima, hijau, mahkota berbentuk bintang, putih, benang sari lima, tangka sari putih, kepala sari hitam panjang putik kurang lebih 3cm, kepala putik cokelat, putih.
     *   Buah      : bulat telur, diameter kurang lebih 5 mm, masih muda hijau setelah tua merah.
     *   Biji          : blat telur, berbelah dua, keras, putih kotor.
     *   Akar       : tunggang, kuning muda.

Ciri-ciri (rasa) kopi robusta:
     -    Memiliki rasa yang lebih seperti cokelat.
     -    Bau yang dihasilkan khas dan manis.
     -    Warnanya bervariasi sesuai dengan cara pengolahan.
     -    Memiliki tekstur yang lebih kasar dari arabika.

Kandungan Kimia dan Khasiat Kopi Robusta
Daun kopi mengandung alkaloida saponin, flavonoida, dan polifenol, biji kopi berkhasiat sebagai pencegah keracunan tempe bongkrek, obat batuk, obat kuat dan peluruh air seni.
http://www.manfaatkopi.com/kopi-robusta/


KANDUNGAN DAN MANFAAT KOPI
Manfaat Kopi Bagi Tubuh
Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab: qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.
Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu kopi arabika (kualitas terbaik) dan kopi robusta. Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).
Kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat pada kopi adalah antara 1 hingga 1,5%.


Manfaat Kopi Memacu Otak Berpikir Positif
Minum kopi ternyata bisa membantu kita melihat sisi baik kehidupan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat membantu orang mengenali kata-kata positif.
Peneliti dari Jerman mengungkapkan dengan mengkonsumsi kafein, setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi, seseorang mampu melihat kata-kata positif lebih cepat dalam serangkaian percobaan. Psikolog juga menemukan tidak memiliki efek serupa ketika disodori kata-kata negatif.
Penelitian menunjukkan orang dapat mengenali kata-kata positif, gambar serta suara lebih cepat dibanding segala hal negatif. Para peneliti bereksperimen, ternyata kafein bermanfaat mengarah ke respon lebih cepat juga lebih sedikit membuat kesalahan dalam tugas-tugas mental sederhana.
Psikolog eksperimental, Lars Kuchinke beserta timnya dari Universitas Ruhr, Jerman meminta 66 relawan untuk memutuskan secepat mungkin apakah bentukan huruf yang ditampilkan pada komputer adalah kata-kata. Separuh relawan itu diberi tablet dengan kandungan 200 miligram kafein atau setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi. Sementara sisanya diberi pil laktosa. Mereka diberikan tablet itu 30 menit sebelum pengujian.
Hasilnya, relawan yang mengonsumsi tablet dengan kandungan kafein tujuh persen lebih akurat dalam mengenali kata-kata positif daripada kata-kata lainnya. Kuchinke berpendapat, mungkin ini karena kafein berfungsi merangsang bagian otak yang terhubung oleh segala hal positif.
Manfaat Kopi Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung atau Stroke
Kandungan dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil sama.

Manfaat Kopi Menghambat Penurunan Fungsi Kognitif
Studi atas 4.197 wanita serta 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat serupa tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Manfaat Kopi Mencegah Penyakit Kanker ; Diabetes
Dari hasil riset oleh peneliti di seluruh dunia didapatkan hasil bahwa penyakit kanker hati, kanker payudara serta kanker usus besar dapat dicegah dengan cara mengonsumsi kopi. Studi penelitian lain telah menemukan bahwa kopi dapat mengurangi tingkat gula darah pada pasien diabetes. Karena kandungan kopi dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, selain itu manfaat kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti batu empedu, penyakit Parkinson, penyakit jantung, sirosis hati dll.
Dua puluh studi di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah kandungan asam klorogenik dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Manfaat Kopi Mencegah Resiko Kanker Mulut dan Melindungi Gigi
Kandungan senyawa dalam kopi bermanfaat mencegah terjadinya resiko kanker mulut, membatasi pertumbuhan sel kanker. Selain itu kopi mengandung sifat anti bakteri ; anti-perekat yang sangat baik untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, termasuk gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.

Manfaat Kopi Sebagai Pembangkit Stamina dan Energi Ekstra
Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin dalam tubuh kita. Adenosin sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak berfungsi membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah/mengantuk, muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, serta naiknya tekanan darah.

Manfaat Kopi Mengurangi Rasa Sakit Kepala
Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.

Manfaat Kopi Mengatasi Perubahan Suasana Hati ; Depresi
Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan pada kopi dapat menangkal kerusakan sel otak ; membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Sedangkan kandungan kafein dalam kopi berfungsi sebagai stimulan tubuh. Hal ini dapat merangsang indera kita serta meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan
(Sumber : http://spesialmedia.com)
Manfaat Kopi Untuk Scrub
Bagi Anda yang memiliki kulit kering akan mendapatkan manfaat maksimum kopi sebagai pengelupas sel kulit mati dan merevitalisasi kulit tanpa membuatnya menjadi lebih kering. Kulit yang kering bisa menyebabkan penuaan dini akan tetapi kopi memiliki sifat anti penuaan yang mencegah masalah kulit tersebut. Aplikasikan 3 sendok teh kopi bubuk halus lembut dicampur dengan 1 sendok teh susu dan buatlah menjadi pasta. Aplikasikan pasta tersebut ke wajah sebagai scrub. Pijatlah seluruh area wajah dalam gerakan melingkar kemudian biarkan sampai mengering. Setelah pasta mengering bilaslah dengan air dingin. Lalu keringkan wajah dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk. Anda juga mengaplikasikan pelembab ke wajah anda untuk mengunci semua kelembaban di kulit.

Manfaat Kopi Untuk Masker Wajah
Kopi bubuk yang dikombinasikan dengan coklat, susu bubuk dan molase sebagai masker wajah akan membantu mengangkat dan mengencangkan kulit kendur. Membersihkan wajah dan tidak kurang sebagai krim anti mikroba.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala
Perlu anda ketahui bahwa kopi ternyata juga bermanfaat untuk kulit kepala serta bagus untuk rambut. Properti antioksidan yang dikandungnya bisa mencegah rambut mengalami kerontokan. International Journal of Dermatolog menunjukkan bahwa kafein pada kopi dapat merangsang pertumbuhan folikel kecil di kulit kepala pada pria yang mulai mengalami kerontokan rambut, seperti dilansir Livestrong. Menurut para peneliti, dibutuhkan lotion topikal yang kaya kafein yang nantinya dioleskan pada kulit kepala untuk memblokir efek dari DHT yang merusak. Karena pada umumnya kebotakan yang dialami laki-laki adalah akibat karena folikel rambut terpapar oleh DHT terlalu banyak.

Manfaat Kopi Untuk Body Massage
Anda bisa mencampur kopi dengan kakao butter atau mentega biasa yang akan menjadi campuran pijat yang ideal. Resep ini apabila diaplikasikan akan baik pada kulit dan menghaluskan kulit. Memelihara kulit, melembabkan dan mencegah keriput.
Manfaat Kopi Untuk Manicure dan Pedicure Bubuk kopi aromatik sangat baik dalam membersihkan tumit retak dan siku hitam. Gosokkan pasta dan pijatlah selama beberapa menit yang akan menghapus semua kotoran di area tersebut dan membuat kulit halus.
sumber : https://www.facebook.com/KomunitasPenikmatTehDanKopi/posts/544179925647747


Kandungan Dan Manfaat Kopi Untuk Tubuh
sejumlah khasiat mengkonsumsi kopi untuk tubuh
Kandungan Dan Manfaat Kopi Untuk Tubuh : Didalam buah kopi tekandung beberapa nutrisi antara lain bahan kering, lemak kasar, serat kasar, protein kasar, abu, air(analasia laboratorium departemen peternakan usu, 2010).
Kopi menjadi begitu terkenal dikarenakan tingginya kadar kafein didalamnya. Senyawa yang juga terdapat dalam daun teh dan biji coklat ini merupakan hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid tanaman kopi dan memiliki rasa pahit. Sejumlah efek dari kopi terhadap kesehatan sangat dipengaruhi oleh aktivitas kafein dalam tubuh. Kafein sendiri berperan dalam meningkatkan kerja psikomotor sehingga tubuh akan tetap terjaga serta dapat memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Dan efek dari kafein terhadap tubuh sendiri umumnya akan dirasakan setelah beberapa jam kemudian setelah anda mengkonsumsi kopi.
Jumlah kafein yang masuk kedalam tubuh melalui kopi tentu ada batas amannya juga, karena bila terlalu berlebihan, dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan anda.
Dibawah ini adalah daftar jumlah kafein dalam berbagai sumber dan jenis minuman sehingga diharapkan anda bisa mengetahui jumlah asupan kafein kedalam tubuh.

             SUMBER                          KAFEIN
             Secangkir kopi                          85 mg
             Secangkir the                            35 mg
             Minuman Berkarbonasi          35 mg
             Minuman Berenergi                 50 mg

             JENIS KOPI                       KAFEIN
             Kopi instant                               2,8-5 %
             Kopi moka                                 1,00%
             Kopi robusta                              1,48%
             Kopi arabika                              1,10%
          Sumber : wikipedia. org

Manfaat kopi Untuk Kesehatan Tubuh
Efek dari kafein dalam kopi akan dirasakan beragam oleh tubuh manusia. Ada yang langsung bisa merasakan efeknya secara langsung, sebagian lainnya bahkan tidak merasakan sama sekali. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan dari sifat genetika yang dimiliki oleh masing-masing orang terkait kemampuan metabolisme tubuhnya dalam mencerna kafein.
Dari beberapa hasil penelitian didapatkan bahwa kafein dalam kopi dapat membantu tubuh dalam menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap, dan juga menurunkan resiko terkena diabetes mellitus tipe 2.
Dibawah ini adalah beberapa manfaat kopi untuk tubuh (sumber : merdeka . com) :
    1.   Mencegah batu ginjal.
          Salah satu penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi  4 cangkir kopi setiap harinya, memiliki resiko tekena batu ginjal 25% lebih rendah dibandingkan mereka dengan konsumsi kopi kurang dari 4 cangkir.
    2.   Mencegah depresi.
          Laporan penelitian (diterbitkan dalam Archives of internal medicine, 2011) menyebutkan bahawa wanita dengan konsumsi kopi 2-3 cangkir kopi setiap hari memiliki resiko tekena depresi 15% lebih rendah.
    3.   Mampu tingkatkan ketajaman ingatan.
          Hasil penelitian Radiological Society of North Amerika thn 2005, menyebutkan bahwa seseorang dengan konsumsi 2 buah kopi berkafein tinggi dapat meningkatkan kemampuan ingatan dan kecepatan reaksi dari tubuh orang tersebut.
    4.   Menurunkan resiko diabetes.
          Orang yang mengkonsumsi 4 cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan resiko terkena resiko diabetes tipe 2 (Journal of Agricultural ; Food Chemistry, 2012).
    5.   Menurunkan risiko terkena kanker.
          Penelitian tahun 2008 di swedia menyebutkan bahwa dengan minum 2-3 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan resiko tubuh dari serangan kanker seperti kanker payudara, lecer, prostat.
    6.   Membantu metabolisme tubuh.
          Konsumsi kopi bisa melancarkan metabolisme tubuh dan tentunya hal ini baik untuk anda yang sedang dalam program penurunan berat badan.
    7.   Menurunkan risiko penyakit Parkinson
          Laporan penelitan (diterbitkan dalam journal of the American Medical Association, 2000) menemukan bahwa konsumsi kafein dalam kopi dapat menurunkan resiko penyakit parkitson. Penelitian lainya yang dilakukan tahun 2010 juga memperoleh hasil bahwa dengan mengkonsumsi 2-3 gelas cangkir kopi dapat menurunkan resio penyakit parkitso sekitar 25%.
    8.   Sumber antioksidan bagi tubuh.
          Salah seorang peneliti dari Harvard bernama Edward Giovannuci menunjukkan bahwa antioksidan dalam kopi lebih tinggi dibandingkan kebanyakan sayuran dan buah
    9.   Meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat berkerja.
  10.   Mencegah gout ( penyakit asam urat ).
          Gout adalah penyakit dikarenakan penumpukkan asam urat secara berlebihan didalam tubuh, baik akibat adanya peningkatan produksi ataupun asupan makanan dengan kandungan purin berlebih, dan ginjal tidak mampu mengeluarkannya. Pada akhirnya kristal asam urat menumpuk di persendian tubuh. Dengan mengkonsumsi  4-6 gelas kopi sehari memiliki resiko terkena encok 60% lebih rendah.
Demikian ulasan mengenai kandungan dan manfaat kopi untuk tubuh terutama yang berkaitan dengan kesehatan.
Sumber : http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/2013/10/kandungan-dan-manfaat-kopi-untuk-tubuh.html


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
Manfaat Kopi Bagi Kesehatan. Kopi, hampir semua orang didunia mengenalnya, untuk mengawali hari dalam bekerja biasanya tidak lengkap rasanya tanpa secangkir kopi nikmat. Kebiasaan minum kopi ternyata banyak digemari oleh manusia. Dari pekerja kantoran hingga pekerja bangunan, pedagang, petani, guru, bahkan presiden pasti pernah meminumnya dan Andapun juga. Hal ini memang sudah menjadi tradisi dan hobi tersendiri bagi para penggemar kopi.
Kopi merupakan suatu jenis minuman berwarna hitam pekat yang mampu memberikan cita rasa unik bagi yang meminumnya. Bahkan tidak sedikit orang menjadi kecanduan karena cita rasa kopi karena adanya kandungan kafein yang terdapat dalam kopi itu sendiri. Kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat dalam kopi adalah antara 1 hingga 1,5%.
Jika seseorang sudah kecanduan dengan meminum kopi akan merasakan hari mereka akan tidak lengkap tanpa meminum kopi. Apakah benar demikian? Jawabannya ada pada diri kita sendiri penikmat kopi.
Dari informasi yang saya baca di beberapa media internet ternyata manfaat kopi sangat baik bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara baik dan tidak berlebihan. Meminum kopi dalam satu hari cukup 1 – 2 cangkir kita sudah mendapatkan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat nya? berikut penjelasan manfaat kopi bagi kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.
Kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung atau stroke.
Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun memiliki resiko 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari.


Kopi bermanfaat mencegah penyakit kanker dan diabetes.
Dari hasil riset yang dilakukan oleh peneliti diseluruh dunia didapatkan hasil bahwa penyakit kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar dapat dicegah dengan cara mengonsumsi kopi.
Studi penelitian lain telah menemukan bahwa kopi dapat mengurangi tingkat gula darah pada pasien diabetes. Karena kandungan yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, selain itu manfaat kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti batu empedu, penyakit Parkinson, penyakit jantung, sirosis hati dan sebagainya.

Kopi dapat mencegah resiko kanker mulut dan melindungi gigi.
Senyawa yang terdapat dalam kopi bermanfaat mencegah terjadinya resiko kanker mulut, membatasi pertumbuhan sel kanker. Selain itu kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti-perekat yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, termasuk gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.

Kopi sebagai pembangkit Stamina dan energi ekstra.
Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin dalam tubuh kita. Adenosin sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak berfungsi membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk dan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, naiknya tekanan darah.

Kopi dapat mengurangi rasa sakit kepala
Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.

Kopi mengatasi perubahan suasana hati dan depresi.
Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.
Jangan sampai Anda meminum kopi secara berlebihan karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya terhadap tubuh kita.

Kesimpulannya, cukup konsumsi 2 cangkir kopi dalam sehari untuk mendapatkan manfaat sehat yang maksimal. Sudahkan Anda minum kopi hari ini? Saya minum dua.
Sumber : http://www.manfaatkopi.com/


Bahaya Minum Kopi Jika Berlebihan
Hati hati Kopi adalah minuman yang bisa overdosis. Efek dan bahaya minum kopi ternyata lebih berpengaruh bagi wanita dibandingkan dengan pria. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang dipimpin oleh Dr. Lindsay St, Claire.

Bahaya Minum Kopi Jika Berlebihan
Sebagian orang mengatakan bahwa bekerja belum bisa semangat jika tidak minum kopi di pagi hari, jangan terlalu banyak. Mayo Clinic menganjurkan jangan minum lebih dari 500 mg sampai 600 mg kafein sehari. Satu cangkir isi 230-240 ml kopi medium roast mengandung sekitar 200mg kafein. 1 saji espresso mengandung sekitar 75 mg, dan teh hitam 240 ml mengandung 120 mg kafein.

Efek samping kopi jika dikonsumsi terlalu banyak
Menurut Mayo Clinic, bisa terjadi efek samping jika minum kopi lebih dari 600 sampai 900 mg kafein perhari. Efek samping yang terlihat terdiri atas insomnia, gelisah, mual, denyut jantung tidak beraturan, otot tremor, ansietas, dan  sakit kepala.
Lagi pula pada kenyataannya terlalu banyak kafein bisa berakibat fatal. Menurut sebuah kasus yang diterbitkan oleh dokter dari Swedia dalam Acta Anaesthesiologica Scandinavica tahun 2010, seorang perempuan yang berumur 21 tahun menderita serangan jantung ( cardiac arrest ) sesaat sesudah minum sekitar 10.000 mg kafein. Ia sempat dirawat dan tiga hari kemudian tidak lagi memberikan respons pada obat atau bantuan medik.

Sebagai stimulan ( zat perangsang ) buatan, kafein berlebihan dapat menganggu keseimbangan kandungan lemak, tekanan darah dan sekresi asam dalam darah. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah, penyakit hati bahkan menyebabkan kemandulan.
Kafein juga dapat bersifat diuretik, yaitu mendorong pengeluaran air dalam tubuh, juga menyebabkan vasodilasi, pengeluaran keringat serta pengeluaran asam gastrat yang menyebabkan perut menjadi panas.

Minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari mungkin terlalu banyak bagi tubuh
Hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa kafein dapat menyebabkan penyakit jantung, osteoporosis, kanker, radang lambung dan osteoporosis umumnya tidak konsisten. Sebab, umumnya penyakit ini disebabkan kombinasi dari berbagai gaya hidup lainnya.

Bagi orang yang mengidap penyakit jantung, hipertensi, atau ginjal sebaiknya meminta petunjuk dokter atau ahli gizi untuk mengonsumsi kopi.
Sumber : http://www.manfaatkopi.com/bahaya-minum-kopi-jika-berlebihan/


Tahukah anda secangkir espresso
kandungan kofeinnya lebih rendah dari secangkir kopi?
Secangkir kopi mengandung 115 milligram kafein, secangkir espresso (dan kopi tubruk/saring) mengandung sekitar 80 mg kafein, sedangkan kopi instan mengandung sekitar 65 mg kafein. Kopi de-kafein ternyata tidak bebas kandungan kafein, masih mengandung sekitar 3 mg kafein. Satu kaleng Coca-Cola mengandung sekitar 23mg kandungan kafein, Pepsi Cola 25mg, Mountain Dew 37mg, dan TAB 31mg. Teh mengandung sekitar 40 mg kafein, sedangkan satu ons coklat mengandung 20 mg.
Kopi adalah stimulan yang terkenal di dunia : 4 dari 5 orang Amerika meminum kopi, menghabiskan lebih dari 400 juta cangkir sehari. Di Skandinavia komsumsi kopinya lebih dari 12kg (26lb) per kapita. Dengan lebih dari 25 juta orang yang dipekerjakan di industri ini, kopi menduduki peringkat kedua terbesar dalam perdagangan dunia setelah minyak bumi.
Walaupun kopi diyakini telah tumbuh didekat Laut Merah sejak abad ke 7, seorang penulis Arab di abad ke 15, Shehabeddin Ben, menulis bahwa orang-orang Etiopia telah menikmati minuman kopi jauh lebih lama dari yang pernah diketahui orang.Pada abad ke-16, perkebunan kopi ditemukan di dataran Yaman, Arab. Setelah seorang dutabesar Turki memperkenalkan kopi ke pengadilan Raja Louis XIV pada tahun 1669, dengan cepatnya kopi menyebar ke bangsa Europa. Beberapa tahun kemudian, orang-orang Belanda memperkenalkan kopi ke pulau Jawa di Indonesia. Pada tahun 1714, seorang Prancis, Desclieux, membudidayakan kopi dengan cara menanamkan tangkainya di kepulauan Martinique. Perkebunan kopi kemudian merebak dari French Guiana ke Brazil dan Amerika Tengah. Saat ini perkebunan kopi telah berada diseluruh dunia.
Kopi merupakan biji-bijian dari pohon jenis Coffea. Satu pohon kopi dapat menghasilkan sekitar 1kg (2lb) kopi per tahun. Ada lebih dari 25 jenis kopi, dengan 3 jenis utama yang paling terkenal adalah Robusta, Liberia dan Arabica, yang mewakili 70% dari total produksi.
Kafein dapat meningkatkan daya aspirin dan obat-obatan penghilang rasa sakit lainnya,itu sebabnya pada beberapa jenis obat unsur kafein ditambahkan. Ironisnya, kafein juga merupakan penyebab utama sakit kepala. Wanita yang meminum 2 cangkir atau lebih perharinya dapat meningkatkan resiko terkena perapuhan tulang (osteoporosis). Tapi hal ini dapat dikurangi resikonya dengan memperbanyak minu susu atau yoghut untuk mengganti hilangnya kandungan kalsium. Banyak hasil riset yang menyatakan bahwa kafein dapat mengurangi tingkat kesuburan, dan bila diminum pada saat hamil dapat mengakibatkan kelahiran dini atau cacat lahir..
Kafein dapat dihilangkan dari kopi dengan cara mencampur biji kopi yang masih hijau dengan larutan chlorinated hydrocarbon. Kopi instan diperoleh dengan cara mencampur biji kopi yang digiling dan merebusnya dengan air panas. Air rebusan tersebut kemudian diuapkan secara menyemprot dalam tekanan tinggi, yang akhirnya akan meninggalkan bubuk kopi halus. Pada beberapa produksi, biji kopi diganti dengan chicory (sejenis tumbuhan liar), ara, korma, malt, atau jawawut (barley), yang rasanya akan menyerupai rasa kopi asli.
       *   Mesin Espresso pertama diperkenalkan pada tahun 1822 oleh orang Prancis, kemudian disempurnakan dan didistribusikan oleh orang Itali.
       *   Dibutuhkan 42 biji kopi untuk membuat secangkir espresso.
       *   Kopi instan ditemukan oleh Mr. G. Washington pada tahun 1906, seorang Inggris yang hidup di Guatemala.
       *   Kata "cappuccino" berasal dari sebuah kerahiban di abad 16 'Capuchin' ,dimana ketuanya disebut dengan 'cappuccinos'. Cappuccino adalah sebutan untuk secangkir kopi yang dilapisi dengan krim susu.
       *   Kata "Tip" sebenarnya juga ada hubunganya dengan kopi. Berasal dari sebuah kedai kopi kuno di London dimana para pramusajinya mengenakan kotak yang bertuliskan: "To Insure Promptness."
Sumber : http://didyouknow.org/indonesia/kopi.html


Fakta Sebenarnya Tentang Mitos Minum Kopi
Mitos minum kopi berasal dari zaman kuno. Popularitas kopi telah membuat orang percaya berbagai hal yang berbeda tentang bagaimana kopi mempengaruhi kesehatan kita. Beberapa hal tentang kopi adalah benar, yang lain hanyalah sebuah mitos yang telah dipertahankan selama bertahun-tahun.
Kopi sering disalahkan karena kandungan utamanya, yaitu kafein. Kafein adalah zat alami yang ditemukan dalam daun, biji atau buah-buahan, di lebih dari 60 tanaman. Ini termasuk kopi, biji kakao, kacang cola dan daun teh, digunakan untuk membuat banyak minuman ringan favorit atau minuman seperti kopi, teh, minuman cola dan berbagai makanan, seperti cokelat.

Beberapa fakta tentang kopi dan kafein :
       *   Kopi dikonsumsi setiap hari oleh 80% -90% populasi orang dewasa.
       *   Bagi jutaan orang, kopi adalah gairah yang nyata.
       *   Kopi adalah sebuah kenikmatan dalam kehidupan sehari-hari.
       *   Ada banyak kesalahan persepsi tentang sifat-sifat kopi dan efeknya pada kesehatan kita.
       *   Orang-orang menyukai minuman yang mengandung kafein sejak zaman kuno.
       *   Kopi mulai digunakan di Afrika sekitar tahun 575 AD, dimana biji kopi digunakan sebagai uang sekaligus dikonsumsi sebagai makanan.
       *   Kafein, kandungan utama dari kopi, ditemukan di lebih dari 60 tanaman yang berbeda.
       *   Kafein juga dapat diproduksi secara sintetis dan digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan, minuman dan minuman ringan.
       *   Kafein juga digunakan dalam obat (biasanya dapat dibeli dengan menggunakan resep).

Produk-produk yang Mengandung Kafein
Hanya kopi yang mengandung kafein? Tidak. Kafein juga ditemukan dalam produk nabati lainnya seperti teh. Selain itu, ada kecenderungan untuk menambahkan kafein dalam minuman ringan sejenis cola.
Berikut adalah kandungan kafein dalam berbagai jenis minuman :
       -    Kopi yang disaring : 90 mg
       -    Kopi Instan : 63 mg
       -    Kopi yang mangalami pemurnian kafein : (masih mengandung) 3 mg
       -    Teh: 42 mg
       -    Es teh: 70 mg
       -    Cokelat susu: 5 mg
       -    Minuman ringan cola : 16 mg
       -    Susu cokelat: 6 mg
       -    Cokelat hitam setengah manis : 20 mg
       -    Sirup rasa cokelat : 4 mg

Apakah Sifat dari Kafein?
       ●   Kafein adalah stimulan ringan. Orang-orang memiliki kepekaan yang berbeda-beda terhadap kafein. Meskipun banyak orang dapat minum beberapa cangkir kopi dalam satu jam dengan tidak mendapat efek samping, orang lain mungkin merasakan beberapa efek setelah meminum satu cangkir.
       ●   Kafein setelah diserap oleh sistem pencernaan, akan didistribusikan dalam tubuh dengan cepat. Kafein tidak menumpuk dalam darah atau tubuh dan diekskresikan normal beberapa jam setelah konsumsi.
       ●   Kafein meningkatkan kadar dopamin di otak. Dopamin membuat kita merasa lebih baik dan meningkatkan suasana hati kita.
       ●   Kafein memiliki sifat penting yang mempengaruhi sistem dan fungsi tubuh yang berbeda.
       ●   Kafein mempengaruhi otak dan pada kenyataannya merupakan stimulan sistem saraf pusat. Survei terbaru menunjukkan bahwa dosis sedang akan memperbaiki daya ingat.
       ●   Kafein mempengaruhi juga sistem kemih. Ia memiliki sifat diuretic. Hal ini dianggap bahwa dalam dosis tinggi dan diuresis meningkat dapat menyebabkan dehidrasi. Itulah mengapa mereka yang minum minuman dengan konsentrasi tinggi kafein juga harus minum banyak air putih.
       ●   Kafein juga dapat menyebabkan nafsu makan menurun.

Sensitivitas dari setiap individu terhadap kafein berbeda-beda. Hal ini berarti bahwa setiap orang memiliki respon yang berbeda terhadap kafein dan kuantitas yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek positif atau negatif pada kesehatan masing-masing.

12 Mitos tentang Kopi:
Selama bertahun-tahun orang telah mengembangkan beberapa persepsi tentang kopi. Banyak hal yang diyakini benar, tetapi ada juga beberapa kesalahpahaman tentang efek kopi terhadap kesehatan kita. Di bawah ini kami akan menjelaskan mitos kopi yang paling utama.

  1. Kopi dapat menyebabkan insomnia?
       Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang tidak terlalu sering meminum kopi. Mereka mungkin mengalami insomnia dan tidur mereka terganggu jika kopi dikonsumsi 30-60 menit sebelum tidur. Beberapa orang malahan tidak bisa tidur sama sekali, meskipun mereka minum kopi tiga atau empat jam sebelum tidur. Semua kembali pada kepekaan setiap orang pada kopi.
       Bagi mereka yang minum kopi secara teratur, kafein tidak mempengaruhi tidur mereka. Untuk mencegah insomnia dari kopi, solusi terbaik adalah dengan tidak minum kopi atau tidak mengkonsumsi produk yang mengandung kafein setelah jam lima sore.

  2.  Kopi membantu melepaskan stres?
       Tidak! Justru sebaliknyalah yang benar. Kafein membantu meningkatkan stres pada orang-orang dengan adanya rasa cemas dan akan menambah penderitaan pada orang-orang yang mengalami kepanikan.

  3.  Bisakah kita mengkonsumsi kopi sambil meminum obat?
       Tidak logis memang melarang konsumsi satu atau dua cangkir kopi untuk seseorang yang sedang menjalani perawatan dengan obat-obatan. Perlu dicatat bahwa kafein dapat meningkatkan atau melemahkan pengaruh obat-obatan tertentu. Obat stres, anti-depresi, dan obat tidur/bius tidak boleh dikonsumsi berbarengan dengan kopi dalam jumlah besar. Obat-obatan jenis lain dengan kuantitas kopi yang wajar (1 atau 2 cangkir) masih diperbolehkan.

  4.  Kopi dan rokok adalah kombinasi yang buruk?
       Kopi dan rokok biasanya dikonsumsi bersama-sama. Semua penelitian telah menunjukkan bahwa perokok memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan non-perokok. Nikotin memiliki efek mempercepat penghapusan kafein dari tubuh dan perokok merasa perlu untuk mempertahankan tingkat kafein dalam tubuh sehingga meningkatkan asupan kafein.
       Menurut hasil penelitian, mereka yang berhenti merokok tidak mengurangi konsumsi kopi sampai setidaknya enam bulan. Perlu diingat bahwa kopi tanpa kafein akan meningkatkan keinginan untuk merokok.

  5.  Kopi dapat memperlancar pencernaan?
       Banyak orang memiliki persepsi bahwa minum kopi setelah makan diperlukan untuk melancarkan pencernaan. Namun berbagai penelitian tidak mengkonfirmasi pandangan ini, terutama karena kopi membuat proses pencernaan makanan lain menjadi lebih sulit. Sensitivitas setiap orang untuk kopi juga relevan dalam kasus ini.

  6.  Kafein meningkatkan risiko penyakit jantung?
       Pada orang sehat, konsumsi kopi dengan tingkat sedang (2-4 cangkir sehari) tidak memiliki efek buruk pada jantung. Tidak ada penelitian yang bisa mengkonfirmasi bahwa ada hubungan antara serangan jantung dan konsumsi kopi.
       Sehubungan dengan tekanan darah, kopi, teh dan minuman lain yang mengandung kafein, tidak menyebabkan peningkatan tekanan darah. Beberapa orang yang sensitif terhadap kafein mungkin memiliki kemungkinan kecil peningkatan tekanan darah, yang biasanya berlangsung tidak lebih dari beberapa jam.

  7.  Kopi adalah candu?
       Berhenti mengkonsumsi kopi secara tiba-tiba bagi mereka yang minum kopi secara teratur dapat membawa gejala sebagai berikut : kelelahan, mengantuk, sakit kepala, dan iritasi. Gejala-gejala tersebut biasanya muncul setelah 12-14 jam dari gelas kopi terakhir. Dengan secangkir kopi gejala-gejala tersebut akan menghilang segera. Namun sebetulnya gejala-gejala tersebut secara bertahap akan hilang sepenuhnya setelah satu minggu.
       Tidak ada jumlah tertentu dari kopi, untuk menciptakan ketergantungan pada kafein. Bahkan secangkir kopi atau tiga minuman cola, sudah cukup untuk menimbulkan kecanduan pada individu yang rentan.

  8.  Kafein meningkatkan risiko kanker?
       Kecurigaan bahwa kafein bisa menjadi pemicu beberapa jenis kanker belum dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Dua studi terbaru menemukan tidak ada hubungan antara minum kopi dan kanker.

  9.  Kafein memiliki kontribusi terhadap perkembangan penyakit payudara?
       Semua studi klinis sampai saat ini menunjukkan bahwa konsumsi kafein tidak meningkatkan risiko kanker payudara dan tidak terkait dengan perkembangan penyakit payudara.

10.  Kopi memperkuat seksualitas?
       Kopi tidak berhubungan dengan kelamin, tetapi dapat membantu menciptakan suasana tubuh yang lebih baik. Meskipun ada kasus-kasus yang berhubungan dengan kesuburan terkait konsumsi kopi yang berlebihan. Dalam kasus seperti itu maka dianjurkan untuk pasangan membatasi konsumsi kopi.

11.  Kafein lebih mempengaruhi anak-anak dibanding orang dewasa?
       Anak-anak tidak lebih sensitif terhadap efek kafein dibanding orang dewasa. Secara umum kafein dikeluarkan dari tubuh dua kali lebih cepat pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa.
       Terlepas dari kenyataan bahwa konsumsi kopi dengan tingkat sedang pada anak-anak tidak menimbulkan risiko, kita harus tetap menghindari memberikan anak minuman berkafein karena bisa mempengaruhi pola makan mereka.
       Sebagai tambahan, anak-anak yang hiperaktif, kafein tidak boleh diberikan karena dapat menyebabkan agitasi (pergolakan emosi).

12.  Kopi dapat membantu memulihkan anda dari mabuk?
       Kita perlu menegaskan sekali lagi bahwa kopi dapat membantu seseorang pulih dari mabuk dan membuatnya merasa lebih tenang adalah benar-benar mitos. Kopi tidak memiliki penawar untuk mabuk. Apa yang dilakukan kopi adalah membantu orang yang mabuk tetap terjaga. Gangguan yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan tidak bisa diubah oleh kafein.
Sumber : http://www.akuinginsukses.com/fakta-sebenarnya-tentang-mitos-minum-kopi/

   
 "Ngopi" Bantu Ingatan Tambah Kuat
Bagi sebagian orang, kopi panas pada pagi hari merupakan ritual tersendiri sebelum menjalani hari. Efek kafein pada kopi dipercaya dapat membantu meningkatkan rasa awas. Namun, baru-baru ini sebuah studi menemukan, kafein juga dapat meningkatkan kemampuan ingatan.
Para peneliti dari Johns Hopkins University, Amerika Serikat, menganalisis dampak kafein sebagai faktor penguatan memori. Hasilnya, kafein terbukti dapat menguatkan memori tertentu dalam 24 jam setelah dikonsumsi.
"Temuan ini menunjukkan kafein memiliki efek pada proses ingatan manusia. Proses ini membuat ingatan lebih permanen dan sulit untuk lupa," ujar penulis studi Michael Yassa, asisten profesor neurobiologi dan perilaku di University of California, Irvine, yang melakukan penelitian saat berada di Johns Hopkins.
Studi yang dibiayai oleh National Institute of Health dan National Science Foundation AS ini melibatkan 100 peserta peminum kafein tetapi dalam taraf sedang. Artinya, mereka tidak meminum kopi, teh, atau minuman soda dalam jumlah besar.
"Kami memilih peserta yang minum kurang dari 500 miligram kafein seminggu. Kebanyakan bukan peminum kopi, tetapi minum soda setidaknya sekali atau dua kali per minggu," jelas Yassa.
Kandungan kafein dalam minuman sangat bervariasi. Yassa mengatakan, rata-rata satu cangkir kopi mengandung 160 miligram, tetapi ada juga yang mengandung hingga 330 miligram kafein. Menurut dia, untuk memberikan efek penguatan memori, seseorang perlu mengonsumsi paling tidak 200 miligram kafein.
Dalam studi yang dipublikasi dalam jurnal Nature Neuroscience ini, para peneliti meminta para peserta untuk melihat gambar-gambar yang mudah ditemui sehari-hari pada layar komputer, seperti sepatu, kursi, bebek karet, dan lain-lain. Mereka meminta agar peserta menyebutkan apakah benda-benda tersebut termasuk benda dalam atau luar ruangan.
"Kami tidak terlalu mementingkan jawaban mereka, tetapi ingin mengetahui mereka memperhatikan obyeknya dan mengingatnya," ujar Yassa.
Lima menit setelah peserta melihat gambar-gambar, setengah dari mereka diberikan 200 mg kafein dan setengah lagi diberikan plasebo. Satu hari setelahnya, mereka diminta untuk melihat gambar lagi yang diambil dari sisi berbeda, kemudian menjawab apakah obyek tersebut baru, lama, atau mirip dengan obyek yang kemarin mereka lihat.
Hasilnya, peserta yang diberikan kafein lebih baik dalam membedakan gambar dan mengidentifikasi obyek adalah baru, lama, atau mirip.
"Ini artinya, kafein memiliki efek memperkuat ingatan dalam periode waktu yang lebih panjang, selain manfaat lain rasa awas, perhatian, dan waspada," kata Yassa.
Sumber : http://health.kompas.com/read/2014/01/13/1143470/.Ngopi.Bantu.Ingatan.Tambah.Kuat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cisco Lifecycle Service

   Dunia Jaringan terus berkembang. Jaringan tidak lagi hanya tentang menghubungkan antar 2 komputer. Jaringan telah menjadi cerdas dan memainkan peran penting dalam membantu meningkatkan kinerja perusahaan. Perusahaan berkeinginan untuk memperluas jaringan mereka. Mengambil keuntungan dari kemajuan teknologi, perusaan dapat menambahkan layanan baru dan meningkatkan produktivitas. Cisco Lifecycle Services     Cisco Lifecycle Services dirancang untuk mendukung jaringan yang berkembang. Cisco Lifecycle Services adalah pendekatan enam fase. Tiap tahap mendefinisikan aktifitas yang dibutuhkan agar berhasil dalam menyebarkan dan mengoperasikan teknologi Cisco. Hal ini juga menjelaskan secara rinci bagaimana mengoptimalkan kinerja di seluruh siklus hidup suatu jaringan. Keenam fase dari Cisco Lifecycle Services adalah:     1.    Tahap Persiapan.     2.    Tahap Perencanaan.     3.    Tahap Desain.     4.    Tahap Pelaksanaan.     5.    Tahap Pengoperasian.     6.    Tahap P

GiB dengan GB

1 GiB > dr 1 GB sistem nya beda dengan SI dimana 1MB = 1000 KB , I GB memiliki nilai 10^9 = 1000000000 bytes tetapi karena pembacaan binary prefix oleh os maka GB akan di baca menjadi GiB sehingga 1 gibibyte = 2^30 bytes = 1073741824bytes = 1024 mebibytes (perhatikan bukan megabytes ) untuk perhitungannya yup benar GiB yang terbaca = GB / nilai GiB = 16 / 1073741824bytes = 14,89 GiB Ingat GiB 7,4 % lebih besar dari GB , bingung yaaaah Perhatikan Tabel Full notation Symbol Value 1 kilobyte 1 kB 10^3 = 1000 bytes 1 megabyte 1 MB 10^6 = 1000000 bytes 1 gigabyte 1 GB 10^9 = 1000000000 bytes 1 terabyte 1 TB 10^12 = 1000000000000 bytes 1 exabyte 1 EB 10^15 = 1000000000000000 bytes 1 kibybyte 1 KiB 2^10 = 1024 bytes 1 mebibyte 1 MiB 2^20 = 1048576 bytes 1 gibibyte 1 GiB 2^30 = 1073741824 bytes 1 tebibyte 1 TiB 2^40 = 1099511627776 bytes 1 exbibyte 1 EiB 2^50 = 1125899906842624 bytes

Headphone Impedance

Seringnya melihat spek headphone berkutat di frequensi response dari berapa Hz (low) sampe berapa KHz (high), lalu ada dB level yg kalo makin gede angka dB berarti makin keras saat volume @100%. Lalu, apa itu Impedance di earphone/headphone? Impedansi adalah versi elektroniknya damping factor. Headphone dengan impedansi besar pada spek memiliki membran lebih tipis karena damping dari elektronik yang pada artinya lebih bersuara dinamis mengikuti lagu, dengan noise yang kecil. Impedansi besar biasanya ada di headphone kelas wahid terutama untuk pendengar serius dan monitoring studio recording. Sedangkan headphone berimpedansi kecil itu memakai damping mekanik, sehingga membran speaker biasanya lebih tebal dan bersuara lebih datar. Tapi, headphone berimpedansi besar itu memiliki hambatan power yang besar pula maka dari itu butuh tenaga dalam satuan Volt (V) yang rakus. Pernahkah mendapati headphone bersuara keciiiil di PC, atau di mp3 player dibandingkan dengan saat di HiFi dengan amp?